Brand Consultant: Bantu Brand jadi Keren dan Bisnis Makin Sustain!

brand consultant

Tahukah Anda bahwa 59% konsumen lebih memilih produk dengan merek yang lebih familier dengan mereka? Ini membuktikan betapa pentingnya branding dalam dunia bisnis. Tapi, bagaimana cara membangun merek yang kuat dan berkesan? Jawabannya ada pada seorang brand consultant

Oleh karena itu, Anda perlu memahami peran krusial brand consultant dalam dunia bisnis dan membuat sebuah merek begitu melekat di ingatan target market sehingga berujung pada keputusan membeli produk atau jasanya.

Pengertian Branding Consultant dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

branding consultant

Membangun sebuah merek ibarat membangun sebuah rumah. Sehingga, Anda membutuhkan arsitek yang ahli dengan nama lain yaitu konsultan merek.

Pengertian

Brand consultant adalah seorang ahli yang bertugas merancang, mengembangkan, dan mengelola identitas merek suatu perusahaan. Dengan kata lain, mereka adalah arsitek yang membangun reputasi dan citra merek Anda.

Manfaatnya untuk Bisnis

Mengapa konsultan merek begitu penting? Di era serba digital ini, bayangkan Anda sedang mencari sebuah restoran baru. Anda tentu akan lebih cenderung memilih restoran yang punya look menarik, ulasan yang positif, dan suasana yang nyaman, bukan? 

Hal tersebut lantaran konsultan merek telah berhasil menciptakan branding positif di benak Anda. Selain itu, bekerja sama dengan brand consultant juga memberikan beberapa manfaat lain untuk bisnis Anda, seperti:

  • Menambahkan brand awareness 
  • Membangun brand identity yang kuat 
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen 
  • Menaikkan penjualan
  • Memperkuat brand positioning

Siapa yang Membutuhkan Brand Consultant?

siapa yang membutuhkan brand consultant

Setiap bisnis, baik besar maupun kecil, bisa memperoleh manfaat dari jasa seorang konsultan merek. Namun, beberapa jenis bisnis yang sangat membutuhkan bantuannya ialah berikut ini,

  • Usaha Kecil dan Menengah (UKM) – UKM sering kali punya anggaran yang terbatas dan membutuhkan bantuan untuk membangun merek yang kuat dengan biaya yang efisien.
  • Perusahaan yang Ingin Rebranding – Perusahaan yang ingin mengubah citra mereknya, misalnya karena perubahan produk atau target pasar.
  • Bisnis yang Ingin Meningkatkan Brand Awareness – Bisnis yang ingin menaikkan kesadaran merek di kalangan konsumen.

Cara Kerja Brand Consultant

Cara kerja brand consultant

Secara umum, proses kerja seorang konsultan merek meliputi beberapa tahap berikut:

  1. Briefing – Anda dan konsultan merek akan membahas tujuan bisnis, target pasar, dan harapan Anda terhadap proyek branding.
  2. Riset – Konsultan merek akan melakukan riset mendalam tentang merek Anda, pasar, dan pesaing.
  3. Analisis – Hasil riset akan dianalisis untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.
  4. Pengembangan Strategi – Berdasarkan hasil analisis, konsultan merek akan merancang strategi branding yang sesuai.
  5. Implementasi – Strategi branding akan diimplementasikan, mulai dari desain visual hingga campaign pemasaran.
  6. Evaluasi –  Efektivitas strategi branding akan dievaluasi secara berkala dan ada penyesuaian jika perlu.

Layanan Brand Consultant

layanan brand consultant

Sudah siap meningkatkan bisnis Anda bersama brand consultant tepercaya? Deta adalah solusi semua kebutuhan bisnis modern saat ini. PT Deta Graha Mulya, dengan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam bidang promosi dan advertising, telah mendukung banyak brand manager maupun bisnis mencapai tujuan branding mereka. 

Ada banyak layanan dari Deta yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda, seperti:

1. Brand Audit

Evaluasi menyeluruh kinerja dan posisi merek. Misalnya saja, analisis mendalam untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) merek Anda. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana brand Anda diterima oleh pasar dan apa yang perlu ditingkatkan.

2. Marketing Analysis

Analisis data berguna untuk mengoptimalkan strategi pemasaran. Misalnya saja memakai data seperti penjualan, perilaku konsumen, dan tren pasar untuk mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran Anda dan mengidentifikasi potensi perbaikan.

3. Business Consultancy

Konsultan ahli ini akan mendorong pertumbuhan dan efisiensi bisnis. Jadi, business consultancy merupakan layanan konsultasi bisnis yang memberikan saran strategis untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan, termasuk aspek keuangan, operasional, dan manajemen.

4. Post Sales Research 

Post sales research akan menganalisis umpan balik pelanggan, guna meningkatkan produk dan layanan. Job desk-nya antara lain melakukan survei atau wawancara dengan pelanggan setelah pembelian untuk mengumpulkan feedback dan masukan tentang produk atau layanan Anda.  Tujuannya adalah untuk memperbaiki produk dan layanan Anda di masa depan.

Jangan biarkan bisnis Anda tenggelam di tengah persaingan. Dengan strategi branding yang tepat, Anda bisa menonjol dan menarik lebih banyak target market. Tim ahli dari Deta siap mendukung Anda merancang strategi branding yang efektif dan mengimplementasikannya secara profesional.

Konsultasikan semua kebutuhan bisnis Anda pada Deta, brand consultant berpengalaman, baik untuk rebranding maupun peluncuran produk baru, sehingga brand Anda makin keren dan bisnis Anda bisa sustain!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *