Di zaman serba digital, banyak brand berbondong-bondong memasang iklan di media sosial dan platform digital lainnya. Tapi dibalik gemerlapnya dunia online ini, iklan digital sering kali mudah di-skip atau diabaikan oleh audiens sehingga hanya terlewat dalam hitungan detik.
Agar iklan tidak lewat dan terlupakan begitu saja, brand perlu menggunakan strategi berbeda yang benar-benar bisa melekat di pikiran audiens. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan Car Branding.
Car Branding sebagai media promosi visual yang eye-catching dengan memanfaatkan mobil atau kendaraan roda empat sebagai media berjalan.
Sushigan, salah satu brand yang bergerak di bidang F&B, berhasil tampil menarik perhatian di jalanan untuk meningkatkan brand awareness. Bersama DETA Agency, Sushigan menjadikan Car Branding sebagai solusi promosi yang efektif yang tidak mudah di-skip.
Car Branding: Media Promosi Yang Bergerak
Car Branding adalah salah satu bentuk dari strategi iklan luar ruang (Out-Of-Home/OOH) yang hadir secara fisik di tengah masyarakat. Memanfaatkan kendaraan seperti mobil operasional, delivery, atau armada khusus sebagai media iklan bergerak.
Keunggulan utama dari Car Branding, yaitu memiliki jangkauan yang luas karena dapat dilihat oleh siapa saja di jalan, terlepas dari batasan usia, demografi, dan kebiasaan audiens.
Berbeda dengan media OOH lain yang umumnya bersifat statis (diam di tempat), mobil sebagai media berjalan yang terus bergerak bisa menjangkau audiens di berbagai titik strategis, menjadikan strategi ini lebih fleksibel dan hemat biaya.
Sushigan dan Strategi Car Branding Bersama Deta Agency
Sebagai brand kuliner yang sedang berkembang, Sushigan menghadapi tantang yang banyak dialami oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang F&B, yaitu membangun brand awareness di tengah persaingan yang ketat. Sushigan menggandeng DETA Agency dalam merancang strategi hingga eksekusi hadir turun ke jalan dengan Car Branding.
Desain Visual Yang Eye-Catching
Desain dibuat dengan memperhatikan detail visual yang dapat menarik perhatian ketika di jalanan.
- Warna dan identitas brand yang kuat.
- Visual menu yang menarik perhatian dan menggoda selera audiens.
- Menggunakan copywriting yang unik sehingga dapat menciptakan brand recall dan mudah diingat.
Bergerak di Titik Strategis
Mobil tidak hanya tampil menarik tetapi juga beroperasi dengan strategis, yaitu melintasi kawasan yang memiliki potensi tinggi di waktu yang tepat.
- Jalan protokol besar.
- Lokasi dengan jam sibuk.
- Kawasan perkantoran, bisnis, sekolah, serta area publik yang ramai.
Hasilnya? Brand Awareness Meningkat
Setelah peluncuran Car Branding, Sushigan mencatat adanya peningkatan awareness. Pelanggan menyebutkan bahwa mereka mulai mengenal brand Sushigan dengan melihat mobil branding tersebut sebelum akhirnya tertarik dan melakukan pembelian.
Car Branding Efektif Untuk Brand F&B
Car Branding bukan hanya strategi marketing tetapi juga strategi komunikasi brand untuk membangun emosional secara langsung dengan audiensnya, terutama brand di bidang F&B yang sangat mengandalkan visual.
Visual menu yang menggugah selera, identitas brand yang kuat, dan copywriting yang keren bisa memicu rasa penasaran yang besar. Mobil tidak hanya membawa pesan produk kepada audience tapi juga membawa pesan brand yang kuat ketika beroperasi.
Siap Brand Kamu Tampil Kece Di Jalan?
Sudah saatnya brand kamu ga cuma tampil di layar, tapi juga tampil langsung ke jalanan dan bikin audiens kamu noleh terpesona.
Konsultasikan strategi brand kamu dengan DETA Agency dan cari tahu bagaimana promosi bergerak bisa bikin brand kamu makin terkenal!
Referensi: