Out of Home Advertising (OOH) adalah jenis iklan yang ditemukan di luar ruang, seperti di jalanan, pusat perbelanjaan, hingga kendaraan umum. Di era ini iklan ini berkembang menjadi Digital Out of Home (DOOH) yang menggabungkan teknologi agar pesan menjadi lebih interaktif dan menarik. Pada artikel ini, Deta akan bahas lebih dalam mengenai apa itu OOH advertising, manfaatnya, dan contoh dari penerapan iklan tersebut.

Baca juga : Brand Consultant Bantu Brand Jadi Keren dan Bisnis Makin Sustain

Apa Itu OOH Advertising?

Out of Home Advertising (OOH) adalah segala bentuk iklan yang ditempatkan di lokasi-lokasi publik yang bisa dilihat oleh orang banyak. Media iklannya bisa berupa billboard, iklan di kendaraan umum, hingga poster di sarana publik seperti stasiun atau halte bus. 

OOH advertising hadir secara fisik dan memiliki jangkauan yang lebih luas karena dapat dilihat oleh orang-orang dari berbagai latar belakang dan usia. OOH advertising tidak hanya terbatas pada iklan statis, tetapi juga sudah berkembang dengan adanya Digital Out of Home (DOOH) yang menggunakan teknologi digital untuk menampilkan konten yang dinamis. 

Baca juga : Jenis-Jenis Flyer Iklan

Manfaat OOH Advertising

Gambar 2 Tulisan Adwords (sebagai pemanis)

OOH Advertising memberikan banyak keuntungan, terutama bagi bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak target pasar. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

OOH memiliki kemampuan membuat brand mudah dikenal dengan audies yang lebih luas. Dengan penempatan yang strategis, seperti di pusat kota atau jalan utama, iklan jenis ini bisa dilihat oleh ribuan hingga jutaan orang setiap hari. Hal ini menjadikan iklan jenis ini sangat baik dalam upaya meningkatkan brand awareness.

Jadi, kalau brand kamu dalam tahap pengembangan brand awareness, bisa banget nih untuk hubungi Deta. 

2. Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Iklan OOH memiliki jangkauan yang sangat luas karena ditempatkan di area yang sering dilewati oleh banyak orang. Berbeda dengan iklan online yang kerap menargetkan kelompok usia atau demografi tertentu. OOH advertising akhirnya mampu menjangkau target yang lebih luas.

3. Tidak Tergantung pada Koneksi Internet

Salah satu kelebihan iklan OOH dibandingkan iklan digital adalah tidak tergantung pada koneksi internet. Iklan OOH dapat dilihat kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu khawatir tentang masalah buffering atau keterbatasan data.

Baca juga : In Store Promotion, Cara Agar Toko Kamu bisa Ramai

Contoh OOH Advertising

Contoh OOH Advertising di jalan

Gambar 3 Contoh Iklan OOH di jalan

Berikut beberapa contoh umum dari OOH Advertising yang bisa Anda temui di berbagai lokasi:

1. Billboard

Billboard merupakan bentuk OOH yang umum dan banyak digunakan. Billboard yang diletakan di pinggir jalan raya strategis mampu menarik banyak pengguna jalan. Contohnya seperti billboard di jalan tol atau pusat kota, iklan di tempat tersebut memungkinkan untuk dilihat ribuan orang setiap harinya.

2. Point-of-Sale Display

Point-of-Sale (POS) Display adalah iklan yang ditempatkan di sekitar area kasir atau checkout di dalam toko. Iklan ini biasanya menampilkan produk-produk yang sedang dipromosikan dan bertujuan untuk menarik perhatian konsumen saat mereka melakukan pembelian.

3. Iklan pada Sarana Publik

Iklan di sarana publik seperti halte bus, stasiun kereta, atau bandara adalah cara efektif untuk menjangkau orang yang sedang menunggu atau bepergian. Tempat-tempat ini biasanya ramai dengan aktivitas orang, sehingga iklan dapat dilihat oleh audiens yang lebih luas dan beragam.

4. Iklan pada Kendaraan Umum

Bus, taksi, dan kereta merupakan sarana yang sangat populer untuk menampilkan iklan. Iklan pada kendaraan umum bisa berupa poster atau wrap yang menutupi seluruh badan kendaraan. Karena kendaraan ini bergerak, iklan bisa dilihat oleh banyak orang di berbagai lokasi, menjadikannya media iklan yang sangat dinamis.

OOH advertising adalah segala jenis iklan luar ruangan. Iklan ini kini berkembang ke ranah digital sehingga tidak hanya bersifat statis. OOH advertising dapat meningkatkan brand awareness. Jenis iklan ini dapat diterapkan pada beberapa aspek seperti, billboard dan iklan pada kendaraan umum. Tunggu apalagi? Optimasi marketing bisnis kamu sekarang di sini.

Referensi

Glints

Stickearn

Wordstream

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *